refleksi..

bisa jadi teman-teman pernah dengar ungkapan; sebaiknya anak laki-laki dalam proses kematangan dijauhkan dulu dari bapaknya. maksudnya: agar anak laki-laki tidak tumbuh dalam bayang-bayang bapaknya, cepat mengambil sikap/ keputusan dan siap serta pasang badan dengan segala resiko, termasuk babak belurnya nanti jika keputusannya keliru.. saya tau ungkapan ini jane yo belasan tahun yang lalu, dulu tidak begitu memikirkannya. saya baru menyadari dan akhirnya mengamini ketika saya sendiri jebule juga mengalami, bukan disengaja tapi proses waktu dan takdir ya kayaknya kata yang tepat, yang memang harus seperti itu.. lulus sma saat itu berencana kuliah yang deket aja, semarang biar bisa dilajo, yang terjadi lulus sma kuliah di jogja. selesai kuliah saat itu belom sempet angkut-angkut barang di kost untuk dibawa balik ke pati, Alhamdulillah dapet peluang nyales /marketing kaos muter-muter jateng-jatim, berikutnya lanjut kerja di perbankan dan kemudian berwirausaha. ^_^
.
beraktifitas di jogja-klaten dan sekitarnya, kemudian berkeluarga dan menetap di klaten., jadi durasi saya ketemu/ bertatap muka dengan orang tua dan kakak selepas sma paling banter ya seminggu kalo pas pulang pati. komunikasi lebih sering melalui sambungan langsung jarak jauh klaten-pati. jadi selama kurun waktu itu keputusan-keputusan penting dalam hidup saya, saya rangkai dari apa yang saya lihat, dengar dan rasakan tentu setelah melalui diskusi dengan orang terdekat; istri, ortu, kakak dan sohib karib. bersyukur ortu dari dulu tidak pernah mendikte apalagi memaksakan kehendak. beliau berdua ortu sekaligus partner diskusi yang komplit, memberikan gambaran utuh plus minusnya sebelum saya memutuskan sesuatu, beliau bilang; nek kowe wis mantep yo laksanakan.. kadang kalo saya kekeuh tidak ngabari dulu ke ortu. kakak di pati pernah cerita kalo bapak pusing juga kalo saya ambil keputusan gak bilang-bilang dan ortu kena imbasnya juga, hehe.. ^_^ maap pak, maap.. bahkan saya gak pernah bertanya pada beliau pilpres kemaren ortu & kakak milih siapa, eh.. ^_^
.
dan hati ini sungguh makjleb antara gembira, bahagia dan campur aduk saat diberitahu tahun ini bapak, ibu, kakak & suami InsyaAllah berkesempatan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah. Alhamdulillahirabbil alamin.. beberapa bulan ini meski sebentar saya rutin pulang ke pati untuk interaksi langsung, diskusi & berakhir pekan dengan keluarga pati.. ya sekaligus belajar apa-apa yang perlu disiapkan jika satu saat Gusti Allah berkenan mengundang saya, istri dan anak berangkat berhaji. Amin.. kemaren juga sempet di tanya? pulang pati kok gak maen kemana-mana.. susah jawabnya pak, buk.. memang niatnya dari klaten sowan bapak, ibu, mas & mbak je.. hehe.. ^_^ ujung-ujungnya malah adu argumen lagi ama bapak, beberapa menit berselang yo akur meneh.. hehe.. ^_^ minggu pagi saat fariz jalan-jalan ama bunda, uti & putrane mbak di stadion joyokusumo ketemu temen sma saya.. hehe.. -ini fariz & bu wawan to? ayahnya mana?.. sorry bro, kemeren cuma bentar di pati. InsyaAllah bulan depan, di akhir pekan jaga gawang di rumah pati.. pangestunipun nggih.. ^_^ (05.08.2016)

TehAnget..

…ayah.. kita mau kemana? ke gempol yaa? tanya fariz berbinar-binar saat disuruh ambil jaketnya.. yuup.. kita ke tempat kakung. dalam sebulan kami memang selalu memprioritaskan waktu untuk fariz bisa bersama dengan kakung, uti, pakde, budhe, sodara dan kakak-kakak nya di gempol, tempat orang tua dan sodara2 kami yang tak jauh dari gempol.. kalaupun rumah ortu saya deket tentu akan kami prioritaskan juga. lha jarak klaten-pati lumayan je ^_^ hehe..
.
…kami(saya dan istri) berkeyakinan, pendidikan dasar yang paling efektif adalah bersama-sama dengan orang yang mencintai/dicintainya. sebelumnya kakung gempol setiap pagi selalu meluangkan waktu ke rumah mungil kami ikut bantu momong fariz. lama -lama kami yang gak tega mengingat jalanan yang makin ramai, macet dll. sebenarnya kakung gak pernah keberatan motoran ke rumah kami. tapi kaminya yang gak enak. sebagai gantinya kami mengantarkan fariz ke tempat kakung, kurang lebih 2 minggu dalam sebulan.
.
…pilihan berwirausaha inipun membuat saya harus fleksibel & belajar lentur/ tidak kaku memenej waktu yang kemudian saya tularkan ke istri. saya sadar, cepat atau lambat harus keluar kota untuk kurun waktu yang lama, sehingga waktu untuk keluarga benar-benar kami efektifkan. saya dan istri bergantian punya kesempatan momong, memandikan, nyuapin dan maen bersama fariz dari pagi dan siang hari, selepas dhuhur saya berangkat kerja dan pulang tengah malem. kalo fariz di tempat kakung saya berangkat kerja pagi hari.. ritme nya memang tidak pernah sama, dan kami selalu belajar untuk menyikapinya dengan gembira. Alhamdulillah.. (10.02.2016)

..CJ98..

apa itu CJ98? CJ98 adalah inisial komunitas alumni SMA N 1 Pati tahun lulus 1998. CJ sendiri singkatan dari Castra Jayecwara, yang merupakan semboyan SMA N 1 Pati, almamater kami. sedangkan 98 adalah tahun kelulusan kami. jika merunut ke belakang asal mula komunitas ini terbentuk tentu akan banyak nama yang tak mungkin disebutkan satu-persatu dimana andil mereka sangat besar dalam merekatkan persaudaraan alumni 98 SMA N 1 Pati. penyebutan nama berikut, bukan berarti menafikan peran masing-masing alumni dalam kontribusinya, tapi lebih pada gambaran umum aktifitas komunitas alumni 98 ini.
.
setelah lulus SMA medio mei 1998, komunikasi antar alumni saat itu masih tersambung dengan: mencatat alamat rumah, alamat kost, nomor telpon yang bisa dihubungi atau email alumni. tahun itu memang durung usum hp. kami baru familliar dengan hp pada masa akhir perkuliahan 2003an.. jadi peran wartel memang cukup besar saat itu.. acara temu alumni pun saat itu masih sebatas masing-masing kelas. jadi misal beda kelas dan tidak janjian dulu sulit ketemu di momment lebaran, dimana sebagian besar alumni mudik ke pati..
.
selepas kuliah atau kurang lebih 5-6 tahun sejak kami lulus SMA, forum-forum kecil mulai bermunculan, biasanya karena kedekatan tempat domisili ato akses komunikasi yang lebih luas, jadi temu alumni tidak sebatas per kelas tapi sudah lintas kelas. hingga satu kesempatan di lebaran tahun 2008,
.
-mas Fuad Bastian Kamal, menyampaikan niatnya untuk mengumpulkan alumni SMA N 1 Pati 98 dalam reuni bersama, selama kurun waktu 8 bulan beliau dibantu teman-teman menyiapkan temu alumni 98 ini, dari mulai nama dan alamat alumni, no hp yang bisa dihubungi serta membagi tugas dengan teman-teman yang beliau anggap mau dan mudheng maksud beliau. hehe.. saya pun termasuk yang manut aja ditugasi beliau ^_^ Alhamdulillah temu alumni 98 berhasil dilaksanakan pada lebaran 2009, dengan menghadirkan separuh lebih alumni 98. dari reuni 2009 itu menghasilkan 3 poin kesepakatan;
1.mas Kamal di daulat sebagai ketua paguyuban/ komunitas alumni 98 untuk 3th berikutnya(2 periode).
2.mas Kamal sebagai ketua paguyuban/komunitas alumni 98 sekaligus menjadi penangung jawab temu alumni 98 di tahun 2012.
3.periodisasi paguyuban/ komunitas alumni sekaligus temu alumni dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun.
keberhasilan temu alumni 2009 juga tak lepas dari peran sosial media saat itu,
.
-mas Sugiharto atau akrab disapa mas ucok adalah inisiator group alumni 98 di friendster saat itu, juga inisiator group alumni 98 di facebook. melalui tangan beliau informasi tentang alumni 98 dan kabar teman-teman saat itu disambungkan, secara getok tular atau sambung-menyambung, alumni 98 dapat berkomunikasi melalui sosial media. dan tercatat ada 265 alumni 98 dapat tersambung. reuni 2012 juga di publikasi salah satunya melalui akun group 98 di facebook kelolaan beliau. dan Alhamdulillah reuni 2012 berhasil dilaksanakan.. meski jumlah peserta yang hadir tidak sebanyak reuni sebelumnya. selain melalui sosial media komunikasi alumni 98 juga tersambung melalui nomor hp.
.
-mas Ulin Niam adalah inisiator group alumni 98 melalui kontak WA. beliau berhasil menjadi moderator group yang secara perlahan terus bertambah jumlahnya, hampir 200 alumni 98 tersambung. dari interaksi dan sharing alumni, muncul ide-ide segar dari yang paling sederhana sampai ide uniq di bahas bersama-sama. seiring berakhirnya tugas mas kamal sebagai ketua komunitas alumni 98, mas Ulin Niam didaulat untuk melanjutkan tugas sebagai ketua komunitas (lurah e alumni 98). dan temu alumni 98 berhasil dilaksanakan pada lebaran 2015.
.
tentu banyak peran teman-teman alumni 98 yang tidak bisa disebutkan satu-persatu, yang secara sukarela, bahu-membahu merealisasikan tahap demi tahap proses belajar dan interaksi alumni 98 hingga sampai pada satu mumentum semangat: berkontribusi secara nyata dan berkelanjutan untuk: masyarakat, almamater dan antar alumni 98.. dikerucutkan menjadi 5 program yang mencakup; ..pendidikan, kesehatan, sosial, bakti alumni ke almamater, antar alumni 98.. melibatkan 120 kontributor dari teman-teman alumni 98 sendiri yang secara sukarela, dan jumlahnya terus bertambah. InsyaAllah.. sebagai awal dimulainya program alumni 98 SMA N 1 Pati ditandai dengan peluncuran logo CJ98 pada 19 maret 2016 bertempat di SMA N 1 Pati. tempat awal bertemu dan belajar alumni 98.. salam seduluran saklawase.. ^_^ (klaten,april2016)

filosofi nampan

hari itu, hari penghujung kami mengenakan seragam putih biru di sekolah kami.. suasana hiruk pikuk terasa sepanjang pagi dan siang hari, panitia malam perpisahan sedang sibuk mempersiapkan panggung, tenda dan kursi untuk malam nanti. teman-teman kelas 3 lega, semua lulus dan siap-siap nyari sekolah SMA..
.
…menjelang waktu pulang, tiba-tiba seorang adek kelas manggil; mas pang & mbak n.. di panggil bu S.. di ruang guru.. ada apa nih mbak dipanggil, dah mau pulang je.. ternyata kami diberi tugas oleh bu guru untuk membawa nampan; slempang & cinderamata yang akan di sampaikan kepala sekolah kepada lulusan terbaik 1 & 2 angkatan kami ^_^ ..spontan kami menjawab; nggih bu, dengan senang hati..
.
…malam itu saya naik ke panggung bersama mbak N.. bukan menerima hadiah tapi membawa nampan dan mempersilahkan kepala sekolah menyampaikannya kepada 2 teman kami, lulusan terbaik angkatan kami(95).. selamat nggih mas & mbak..
.
…seiring waktu berjalan, mbak N.. yang bersama dengan saya membawa nampan saat itu, skr mengabdikan diri (PNS) untuk masyarakat & motor penggerak di wilayah tugasnya.. lalu kemana saya.. ^_^ InsyaAllah saya akan tetap ada di benakmu kawan, bisa jadi sama seperti di benak ibu guru yang saat itu menugasi kami berdua membawa nampan, kenapa beliau memilih kami, kenapa bukan adek kelas 1 atau adek kelas 2, hanya ibu guru yang tau.. ^_^ (07.12.2015)
.
..salam untuk sahabat putih & biru..

dua bersaudara

kami(saya dan kakak) lahir di pati, kakak di wedarijaksa, pati dan saya di kecamatan pati, tepatnya dusun doPang, sidokerto. beda usia kami 2tahun. nama panggilan kami adalah pemberian dari kakek (mbah Sutedjo H, wedarijaksa), pipit & wawan demikian kami biasa dipanggil. dari kecil mbak pipit memang tekun & rajin, tidak heran jika prestasinya tak lepas dari rangking 1 ato 2 di kelasnya, berbeda dengan adeknya ^_^ xixixi…

kelas 2 SD saya mulai meradang dan protes ke ortu karena rangking kelas saya(10 besar, hehe..) selalu dibandingkan dengan mbak pipit. setelah protes itu ortu tidak pernah lagi membandingkan ^_^ moment itu justru jadi kilas balik, bisa saya bilang; kakak lah mentor & motivator terdekat saya. dari TK ampe SMA kami selalu satu sekolah, meski saya harus pontang-panting mengimbangi kemampuan akademik kakak ^_^ xixixi…

yang selalu saya syukuri; dari kecil hampir tak pernah ada pertengkaran antara kami, saya selalu meyakini; apa yang dipilih/diputuskan kakak pasti sudah dengan pertimbangan yang matang, pun demikian sebaliknya.. saat saya lulus SMA, kakak sudah di airlangga surabaya. saat itu bapak memberi advis 3 opsi yang mungkin bisa saya pertimbangkan; belajar jd diplomat/ negosiator, marketing/sales ato guru/dosen. mungkin bapak menilai saya lebih seneng klayapan, dolan & pendekatan dialogis ^_^

ketika lulus kuliah dan sama-sama bekerja. saat itu kakak bekerja di kawasan industri sidoarjo dan saya di jogja. ibu berpesan; mosok 2 anak gak ada yang tertarik bekerja di pati, deket ortu ^_^ hehe.. ketika liburan saya dan kakak pulang pati, saat itu kami berkomitmen; siapa yang lebih dulu mendapatkan peluang bekerja di pati akan menemani bapak & ibu di pati. dan kakak berkesempatan melanjutkan pekerjaan di pati. Alhamdulillah..

tak ada kata terindah selain; terimakasih yang tulus dah menjadi mentor dan motivatorku, serta terima kasih dah menemani bapak, ibu di pati dengan sepenuh hati.. selamat ulang taon yaa mbak pipit.. semoga panjang umur, sehat, rejeki lancar & selalu dalam LindunganNya. Amin.. 37tahun dah gak muda lagi lho ^_^ wekekek… (07.09.2015)

..puitis sithik ya bro.. ^_^

mungkin kepak sayapku tak setangguh elang
tapi ku tak kuatir pegel linu karena sarapan dulu dan diantar senyum manismu

mungkin gaya kerja dan diskusiku tak sedetail ilmuwan
tapi kau cukup sabar berdiskusi meski sambil motoran berjam-jam klaten-pati pp

mungkin gaya negosiasiku tak secangging profesional ato politisi negeri
tapi kau langsung paham dengan gestur dan kedipanku kemana arah pembicaraanku

mungkin tak perlu kujelaskan panas, dingin dan terjalnya jalanan
tapi kau mampu melewati masa-masa sulit bersamaku dengan teduhnya hatimu

mungkin belom banyak warna-warni yang bisa kuberikan padamu
tapi kujanjikan terus belajar bersama melewati pasang surut dgn bijaksana

kumengenalmu sejak kita sama-sama di bangku kuliah, 14tahun lalu
dan hari ini 7tahun kita mengikat janji, melangkah bersama dalam harmoni

Amin.. Ya Allah..

‪#‎untuk‬ satu nama ^_^ (pangki_k-u/wiwin, klaten, 27juli’15)

(me)lengkap(i)

..keponakan temen ngambek gak dibeliin laptop papanya.. ^_^ akhirnya keluarlah permen polo dari saku kanan saya, sambil bilang; ..mas, takkandani yo, om pangki duwe komputer ki yo lagi umur 32taon, yo ora duwe laptop. dhisik jaman sekolah/kuliah carane joint karo konco kost, om pangki njilih komputere nggo garap tugas nek dheweke wis bobok/tengah malem ato komputere lagi gak dipake, lha dia nya boleh bawa motor om pangki buat kuliah/ kalo ada keperluan. yo Alhamdulillah bisa saling melengkapi.. ^_^ (pangki_k, jogja, 21mei’15)

..senyum.. ^_^

..sosok ibu sepuh itu masih cukup gesit saat saya bilang; nderek kopi kapal api kalih nggih mbah(maksudnya beli kopi kapal api 2 ^_^) yang letaknya digantungan atas, diambilnya dengan tongkat kecil. beliau hampir tidak pernah tersenyum. saat uang kertas saya sodorkan untuk membayar kopi tu, beliaupun menelitinya dengan hati-hati(asli/tidaknya uang), mungkin beliau kuatir saya jahat, kebetulan sosok saya ndut, jaket tebal, kulit agak item, rambut panjang/gondrong nggak diiket, komplit dah horornya.. ^_^ saya membayangkan simbah sepuh itu masa mudanya pasti sangat disiplin, tegas dan (maaf) galak ^_^

..beberapa kali mampir di toko simbah itu saya melihat ada yang unik, beliau menjaga toko dengan tetap menjalankan aktifitas sehari-hari; ngirisi lombok, bawang, brambang, masak, dll yang letaknya memang dibikin lurus dengan toko beliau agar beliau bisa melihat ke toko jika ada yang beli.. (simbah kreatip dah) ^_^

..setiap pulang ke rumah, saya sempatkan mampir ke warung simbah sepuh itu, masih tetap dengan ekspresi galaknya + tanpa senyum, tapi saya kok mampir yaa.. ya beli permen, kopi, obat nyamuk ato ngecer rokok, meski kadang saya masih bawa rokok ^_^ entahlah..

..seminggu lebih saya pulang agak malem, toko simbah sudah tutup, jadi langsung bablas pulang.. pas saya pulang agak sore & mampir beli kopi di tempat simbah, beliau nanya; tumbas nopo melih nak, kok dangu mboten mampir, sakit nopo pripun? (beli apa lagi nak, kok lama tidak mampir, sakit apa gimana?) sapa simbah dengan tersenyum ramah.. saya pun melongo, terbengong-bengong, simbah jebulnya perhatian juga.. ^_^ saya jawab pelan; mboten mbah, kulo lewat toko ne mpun tutup.. pareng nggih mbah, nuwun…

‪#‎simbah_bisa_senyum_kenapa_merengut_aja‬.. ^_^ (pangki_k, jogja, 12mei’15)

..dhus..

..fulan dipercaya pak lurah untuk angon kambing2nya. biasanya fulan angon kambing di kebunnya yg sebelahan dgn kebun paijo, karena sambil nyari rumput, fulan tidak tau jika kambing2 itu masuk ke kebun paijo. paijo menghampiri fulan& bilang: kae lho wedhuse lurah.. kaget dgn ucapan paijo yang tiba-tiba muncul di dekatnya, fulan berdiri & salah paham: ..yo ora ngono kuwi kang, mosok pak lurah di wedhus2ke..

..saat berbicara dengan paijo, dari kejauhan(sekian puluh meter dibelakang paijo) fulan melihat kambing paijo kesenggol truk, dgn lantang fulan bilang: wedhusmu kuwi kang.. karena posisi paijo yang membelakangi truk dan kambingnya, paijo salah paham. dikiranya fulan nantang paijo karena tadi diingatkan.. fulanpun panik: ora kang, kae lho wedhusmu kesenggol truk (sambil tangannya menunjuk ke arah truk).. badalaaaa wedhusku… (teriak paijo…) ^_^ (pangki_k, jogja, 9mei’15)

..penaku masih sama…

..dulu, sekitar 4th yang lalu terfikir oleh saya untuk cabut dari dunia digital & full face to face aja, baik secara profesi marketing/sales product ato pribadi. kritikan pun sering menghampiri saya; latah lah, penggemar fb lah, tiada hari tanpa status lah, de el el.. ^_^ saya terima kritikan itu secara positif. sangat jarang saya berpikiran negatif ke orang jika gak kebangetan responnya(malah curhat
^_^ ), dan saya memilih lanjut mengenal dunia digital secara wajar, intisarinya tetep sama; mendekatkan jarak/ komunikasi ke sahabat, teman, keluarga agar tak ada sekat-sekat meski jarak terpisah puluhan, ratusan, ribuan kilometer dari tempat saya berpijak..

..saya ingat betul status fb seorang adek kelas waktu sma, beliau nulis; setiap langkah harus bisa diambil poin positifnya.. ekstrimnya hampir tiap hari memungkinkan saya untuk mengucapkan selamat ultah ke sohib via fb, berbagi cerita, diskusi, de el el.. tema diskusi pun beragam, saya memilih spontan menuangkan ide, foto ato celotehan lewat tuts di komputer ato hp, seingat saya tema yang paling males dibahas ya politik, dan uniknya1,5th terakhir tema itu yang sering muncul di tl fb ^_^ ada langkah tentu ada perubahan pola, evaluasi dan ragam diskusi. saya pun melakukan perubahan, misal; 2th terakhir saya jarang comment panjang ato like di dinding panjenengan, bukan berarti gak membaca/ mengikuti tulisan jenengan, saya nya aja yang iseng.. ^_^ juga jarang mengucapkan selamat ultah via teks di fb, saya mengucapkannya secara personal ato dalam hati saat nama panjenengan muncul di dinding fb (gak kedengeran to ^_^ ), kalo njenengan tiba-tiba kepikiran saya berarti ya komat-kamit saya kedengeran ^_^ xixixi…

..ya begitulah kira-kira, ni kebetulan saya lagi di depan komputer & lagi niat nulis status panjang, jane isine yo biasa wae ^_^ xixixi..

‪#‎salam‬ ^_^ (pangki_k, jogja, 9april’15)